Fungsi Pengendalian


FUNGSI PENGENDALIAN

Salah satu kunci sukses orgaisasi yaitu pengendalian dengan  menerapkan  fungsi – fungsi  manajemenDalam pembahasan disini pengertian pengendalian (control)  akan mengutamakan pada penetapan standar yang harus diikuti; informasi standar kepada karyawan; membandingkan prosedur operasional aktual terhadap standar, dan menyediakan umpan balik dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan. Manajemen perlu terus menerus  memantau dalam setiap pelaksanaanya, serta meningkatkan pengendalian prosedur operasional dalam setiap area siklus kontrol.   merupakan proses yang terus menerus sejak rencana usaha hingga operasional.
 
RENCANA BISNIS
Sebelum merintis suatu usaha, rencana usaha perlu dipersiapkan secara lengkap dan mendetail. Investor tidak perlu memaksakan diri untuk tetap membuka usaha jika perencanaan belum matang.  Banyak usaha  gagal dilakukan pada saat masih dalam tahap rencana.  Seorang pemilik tidak harus menentukan rencana usaha yang terlalu ideal atau diluar jangkauan dan kemampuan.  Jika rencana usaha yang tidak layak dipaksakan kemungkinan besar saat operasional tidak dapat berjalan efektif. Agar mencapai sukses suatu usaha harus direncanakan untuk sukses.  
Saat membuat rencana, manajemen harus tahu bahwa usaha mereka berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jangan pernah berpendapat, jika usaha dibuka otomatis pembeli akan datang dengan sendirinya. Jika rencana usaha berorientasi pada kebutuhan pasar atau menawarkan sejumlah diferensiasi, tidak ada jaminan bahwa rencana yang dibuat akan berjalan dengan baik.  Oleh karena itu, langkah pertama pada rencana usaha yaitu riset pasar.  Riset pasar  untuk mengetahui apakah rencana yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan. Dengan kata lain, mencari informasi untuk  menentukan apakah rencana yang akan dibuat memiliki kemungkinan berhasil.

Siklus Pengendalian Dalam Operasional Hotel, meliputi :

1.Rencana Usaha
2.Pasar, Persaingan, dan Ekonomi
3.Penetapan Standar
4.Pemilihan Menu dan Penetapan Harga
5.Pembelian
6.Penerimaan Barang
7.Penyimpanan
8.Penggunaan
9.Produksi
10.Pelayanan
11.Penjualan dan Pengawasan Kas
12.Pengawasan Biaya Tenaga Kerja
13. Biaya Lainnya

ReVIEW:
1.Tahapan pengendalian biaya dimulai sejak perencanaan usaha, mengapa?
2. Mengapa penetapan standar penting dalam pengendalian biaya?
3.Mengapa Menu disebut juga sebagai "blue print" pengendalian biaya?
4.Riset pasar sangat penting dalam rencana usaha, mengapa ?
5.Sebutkan faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam riset pasar?

TUGAS: Susunlah minimun 1 Standard Operating Procedure pada suatu bagian/dept. di Hotel.